7 Cara Menata Ruang Kerja Di Rumah yang Nyaman
Menata ruang kerja di rumah bukanlah hal gampang. Apalagi, jikalau kita cuma punya daerah yang terbatas, namun memerlukan lokasi strategis biar tetap produktif sepanjang hari.
Lalu, bagaimana menciptakan ruang kerja yang terbaik? Nah, untuk menjawab pertanyaan yang mungkin ada dibenak Anda, kami punya beberapa kiat menata ruangan.
Contents
- Cara Menata Ruang Kerja di Rumah semoga Produktif
- 1. Temukan tempat terbaik
- 2. Pastikan memiliki ruang privasi
- 3. Pertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut
- 4. Gunakan bangku kerja yang nyaman
- 5. Gunakan peralatan kerja berkualitas
- 6. Pastikan posisi peralatan kerja telah sempurna
- 7. Gunakan perabot multifungsi
Cara Menata Ruang Kerja di Rumah biar Produktif
1. Temukan tempat terbaik
Untuk memiliki ruang kantor yang tenteram, pastikan Anda menggunakan ruangan yang memiliki lokasi terbaik di rumah. Misalnya, bersahabat dengan dapur atau memiliki jendela berskala besar.
Ruangan dengan penuh cahaya alami mampu meningkatkan fokus kita ketika melakukan pekerjaan dan membuat kita jadi lebih produktif, lho.
Namun, untuk pemilik residensial dengan lahan terbatas, pastikan Anda memakai ruangan dengan pencahayaan terbaik.
2. Pastikan memiliki ruang privasi
Jika Anda bisa memiliki ruangan yang cukup luas sebagai kawasan kerja, maka Anda bisa membaginya menjadi dua bagian. Pertama, untuk menyambut tamu dan bersantai sejenak. Sedangkan ruangan satunya lagi, memang khusus sebagai tempat kerja.
Jika Anda harus memanfaatkan ruangan lainnya, mirip kamar dan dapur, Anda mampu menambahkan penyekat privasi ke area tersebut, menggunakan tirai dari langit-langit penyekat estetik yang berfungsi sebagai pemisah dan hiasan fungsonal.
3. Pertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut
Saat Anda menyiapkan ruang kerja di rumah, Anda bisa menimbang-nimbang fungsi dari ruangan tersebut. Apakah akan digunakan untuk belum dewasa berguru? Apakah Anda akan menyebarkan ruangan dengan pasangan?
Bila Anda berbagi ruangan tersebut dengan orang lain, pasti Anda memerlukan meja kerja yang lebih besar. Untuk itu, pastikan Anda mengontrol meja kerja dengan baik semoga tidak membuat ruangan jadi sempit.
Misalnya, memakai satu meja kerja panjang yang ditaruh di sudut ruangan. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan dua meja kecil dan memberikan jarak, mirip saling bersebrangan agar ruangan tetap terasa luas.
4. Gunakan kursi kerja yang tenteram
Mungkin Anda termakan untuk memakai kursi yang sudah ada, seperti dingklik makan atau sofa. Namun, jika Anda memang kerja dari rumah, pasti sembarang pilih duduk mampu memengaruhi postur badan dan menimbulkan back pain.
Untuk itu, pastikan Anda tetap memakai dingklik kantor ergonomis, yang memang bisa menunjukkan santunan pada badan, terutama saat Anda duduk beberapa jam.
Kami punya rekomendasi dingklik kerja yang mampu jadi pilihan, mirip berikut ini.
Beli di sini
Biasanya, Anda bisa mengendalikan ketinggian kursi kerja sesuai kenyamanan. Jadinya, Anda mampu bekerja dengan lebih tenteram.
5. Gunakan peralatan kerja bermutu
Pastikan Anda menggunakan peralatan kerja dengan materi yang bermutu, termasuk meja kerja dan bangku ergohuman.
Selain bisa tahan lama, perlengkapan kerja ini juga mampu mendukung kesehatan Anda selama beraktivitas seharian. Anda pun mampu lebih tenteram dan produktif.
Kami juga punya anjuran meja kerja yang bisa jadi pilihan buat Anda, mirip berikut ini.
Beli di sini
6. Pastikan posisi perlengkapan kerja telah sempurna
Selain menentukan furnitur dan perlengkapan kerja, pastikan Anda juga menatanya dengan posisi yang tepat di dalam ruang kerja.
Misalnya, pastikan Anda meletakkan posisi monitor komputer sejajar dengan mata. Biasanya, jarang antara komputer dan mata ialah sekitar 45-70 cm. Bila posisi monitor terlalu rendah, bisa-mampu menciptakan mata dan leher jadi gampang pegal.
Selain itu, tentukan untuk memakai kursi kerja yang empuk dan memiliki sandaran untuk menopang badan dengan baik.
7. Gunakan perabot multifungsi
Agar ruang kerja tidak sempit, hindari menyimpan terlalu banyak di dalamnya. Solusinya yakni pilih perabot yang lebih multifungsi.
Misalnya, Anda bisa menggunakan meja kerja, yang telah memiliki banyak laci. Selain itu, manfaatkan juga bagian sudut di ruang kerja selaku daerah penyimpanan dengan memasang lemari dinding.
Hal yang terpenting ialah Anda mesti membereskan ruang kerja setiap harinya biar tetap nyaman.
***
Nah, itu dia 7 cara menata ruang kerja di rumah biar produktif dan tenteram. Untuk melengkapi ketentraman ketika bekerja, pastikan untuk mempunyai mebel berkualitas dari Ruparupa.com.
Situs belanja satu ini menyediakan berbagai perabot dan peralatan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.
Anda pun bisa menerima bermacam-macam promo menarik dengan bergabung menjadi Ruppers, lho! Selamat belanja!