7 Cara Menata Ruang Kerja Di Rumah yang Nyaman
Menata ruang kerja di rumah bukanlah hal gampang. Apalagi, jika kita cuma punya daerah yang terbatas, namun membutuhkan lokasi strategis supaya tetap produktif sepanjang hari.
Lalu, bagaimana menciptakan ruang kerja yang terbaik? Nah, untuk menjawab pertanyaan yang mungkin ada dibenak Anda, kami punya beberapa kiat menata ruangan.
Contents
- Cara Menata Ruang Kerja di Rumah semoga Produktif
- 1. Temukan tempat terbaik
- 2. Pastikan mempunyai ruang privasi
- 3. Pertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut
- 4. Gunakan kursi kerja yang nyaman
- 5. Gunakan perlengkapan kerja berkualitas
- 6. Pastikan posisi perlengkapan kerja telah tepat
- 7. Gunakan perabot multifungsi
Cara Menata Ruang Kerja di Rumah supaya Produktif
1. Temukan kawasan terbaik
Untuk memiliki ruang kantor yang tenteram, tentukan Anda memakai ruangan yang memiliki lokasi terbaik di rumah. Misalnya, dekat dengan dapur atau mempunyai jendela berskala besar.
Ruangan dengan penuh cahaya alami bisa meningkatkan fokus kita ketika bekerja dan membuat kita jadi lebih produktif, lho.
Namun, untuk pemilik residensial dengan lahan terbatas, pastikan Anda menggunakan ruangan dengan pencahayaan terbaik.
2. Pastikan mempunyai ruang privasi
Jika Anda bisa memiliki ruangan yang cukup luas sebagai daerah kerja, maka Anda mampu membaginya menjadi dua bagian. Pertama, untuk menyambut tamu dan berleha-leha sejenak. Sedangkan ruangan satunya lagi, memang khusus selaku kawasan kerja.
Jika Anda harus mempergunakan ruangan yang lain, seperti kamar dan dapur, Anda mampu menyertakan penyekat privasi ke area tersebut, memakai tirai dari langit-langit penyekat estetik yang berfungsi sebagai pemisah dan hiasan fungsonal.
3. Pertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut
Saat Anda merencanakan ruang kerja di rumah, Anda mampu mempertimbangkan fungsi dari ruangan tersebut. Apakah akan digunakan untuk bawah umur berguru? Apakah Anda akan membuatkan ruangan dengan pasangan?
Bila Anda membuatkan ruangan tersebut dengan orang lain, tentu Anda membutuhkan meja kerja yang lebih besar. Untuk itu, tentukan Anda mengendalikan meja kerja dengan baik supaya tidak menciptakan ruangan jadi sempit.
Misalnya, memakai satu meja kerja panjang yang ditaruh di sudut ruangan. Cara yang lain, Anda bisa menggunakan dua meja kecil dan memberikan jarak, mirip saling bersebrangan biar ruangan tetap terasa luas.
4. Gunakan dingklik kerja yang tenteram
Mungkin Anda tergoda untuk memakai dingklik yang telah ada, mirip dingklik makan atau sofa. Namun, kalau Anda memang kerja dari rumah, tentu sembarang pilih duduk bisa memengaruhi postur tubuh dan menjadikan back pain.
Untuk itu, pastikan Anda tetap memakai bangku kantor ergonomis, yang memang mampu menunjukkan perlindungan pada tubuh, terutama dikala Anda duduk beberapa jam.
Kami punya nasehat kursi kerja yang mampu jadi opsi, seperti berikut ini.
Beli di sini
Biasanya, Anda bisa mengendalikan ketinggian bangku kerja sesuai kenyamanan. Jadinya, Anda mampu bekerja dengan lebih nyaman.
5. Gunakan peralatan kerja berkualitas
Pastikan Anda menggunakan perlengkapan kerja dengan materi yang berkualitas, tergolong meja kerja dan bangku ergohuman.
Selain mampu tahan lama, perlengkapan kerja ini juga bisa mendukung kesehatan Anda selama beraktivitas seharian. Anda pun bisa lebih tenteram dan produktif.
Kami juga punya saran meja kerja yang mampu jadi opsi buat Anda, mirip berikut ini.
Beli di sini
6. Pastikan posisi peralatan kerja sudah tepat
Selain menentukan mebel dan perlengkapan kerja, pastikan Anda juga menatanya dengan posisi yang sempurna di dalam ruang kerja.
Misalnya, pastikan Anda meletakkan posisi monitor komputer sejajar dengan mata. Biasanya, jarang antara komputer dan mata yakni sekitar 45-70 cm. Bila posisi monitor terlalu rendah, bisa-mampu membuat mata dan leher jadi gampang pegal.
Selain itu, pastikan untuk memakai dingklik kerja yang empuk dan mempunyai sandaran untuk menopang badan dengan baik.
7. Gunakan perabot multifungsi
Agar ruang kerja tidak sempit, hindari menyimpan terlampau banyak di dalamnya. Solusinya ialah pilih perabot yang lebih multifungsi.
Misalnya, Anda mampu menggunakan meja kerja, yang telah mempunyai banyak laci. Selain itu, manfaatkan juga bagian sudut di ruang kerja sebagai kawasan penyimpanan dengan memasang lemari dinding.
Hal yang terpenting ialah Anda mesti merapikan ruang kerja setiap harinya biar tetap tenteram.
***
Nah, itu dia 7 cara menata ruang kerja di rumah biar produktif dan nyaman. Untuk melengkapi ketentraman saat melakukan pekerjaan , tentukan untuk memiliki furnitur berkualitas dari Ruparupa.com.
Situs belanja satu ini menawarkan banyak sekali perabot dan peralatan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.
Anda pun bisa menerima beragam promo mempesona dengan bergabung menjadi Ruppers, lho! Selamat belanja!